Friday 15 January 2016

Year End Trip Part 5 : Solo

Selasa, 29 Desember 2015
Kalo janji sama anak kecil itu harus ditepatin. HARUS! Karena si anak pasti nagih terus kalo belum dipenuhi janjinya. Nah, kemarin pas mau naik bis wisata di Semarang itu bisa dibilang kita udah janji ke Naya, walaupun ternyata udah ga jalan. Sampai rumah eyang Klaten pun dia bolak balik cerita kalo ga jadi naik bis, kasian banget. Akhirnya diputusin coba naik bis wisata yang di Solo, cari info selama musim liburan bisnya operasi setiap hari. Tapi tiketnya belum tentu dapet hari itu juga. Jadi beli hari ini dapetnya untuk besok atau lusa. Hari Selasa kita ke Solo buat beli tiket untuk hari Kamis, alhamdulillah masih ada seat.

Abis beli tiket, suami kangen banget makan selat Solo. Browsing yang terkenal Warung Selat Mbak Lies. Alamatnya di Jalan Serengan Gang II/ 42, Solo. Gampang ko dicarinya, ada di Waze juga. Apalagi kalo pas jam makan siang atau musim liburan, cari aja yang banyak mobil parkir. Lokasinya di gang gitu, ga jauh dari jalan raya. Nyentrik juga tempatnya, pasti gampang dicari. Interiornya banyak pajangan keramik, guci, kalo bawa anak yang 'geratakan' sih deg-degan juga, ngeri pecah. Pas kemarin kesana full, mau ambil menu aja harus antri. Tapi saus selatnya emang enaakk. The best selat Solo I've ever tried. Kemarin coba Selat Galantin Kuah Saos, Selat Galantin Kuah Segar, Selat Bistik, sama Sup Matahari buat Naya. Semua enak, paling fav Galantin Kuah Segar. Dan ramah banget di kantong, recommended! Maaf yaa ga sempet foto, udah laper banget soalnyaa :D

Image result for selat solo mbak lies
Galantin Kuah Segar & Kuah Saos (Pic from Google)
Sambil antri foto duluu..
Dinding full piring keramik testimonial

Abis makan selat Solo kita mau beli serabi Notosuman, kali ini aunty Asha yang ngidam. Sebenernya disebut serabi Notosuman karena lokasinya di daerah Notosuman. Sama kaya' bakpia Pathuk, karena lokasinya di daerah Pathuk. Se-simple itu tapi malah jadi branding, hehehee.. Seinget saya sepanjang jalan itu cuma ada 2 atau 3 penjual serabi Solo, tapi yang terkenal Ny. Lidia (brand colour hijau) dan Ny. Handayani (brand colour orange). Kalo yang hijau saya sering dibawain, jadi kali ini mau coba yang orange. Menurut saya sih rasanya sama aja, hehee.. Maklum ya, saya ga bisa bedain secara detail, bukan lidah koki soalnya. Cara penyajiannya ada dua macam, lebar biasa dan digulung. Cuma kalo yang digulung lebih gampang dimakannya aja. Untuk harganya, kemarin saya beli campur (putih dan cokelat) satu dusnya IDR 24,000.
Foto serabinya keapus kaya'nya, kotaknya aja lah ya :p
Abis itu mampir sebentar ke Taman Sriwedari. Dulu sih, pas jaman orang tua saya masih muda, taman ini tempat nongkrong favourite. Tapi kalo sekarang ga banget deh menurut saya. Dalemnya cuma ada taman hiburan rakyat sama aula pertunjukan kesenian gitu. Ada yang jual souvenir wayang juga dengs. Dan bagian belakangnya, totally slums. Serem deh kalo sepi, bahaya banget kaya'nya. Padahal kalo ditata dengan baik, dibuat taman beneran, unsur budayanya tetep ada, nilai pariwisatanya pasti naik.
Gerbangnya eye catching, bagus

Kamis, 31 Desember 2015
Balik lagi ke Soloo.. Janjian sama keluarga tante Hesti (adik iparnya papa) yang tinggal di Solo buat naik bis wisata Werkudara bareng. Ketemuannya di keraton Solo, tapi kita ga mampir karena ngejar waktu dan harus maksi duyuu..

Family lunch

Selesai makan langsung menuju Kantor Dinas Perhubungan Solo, di Jl. Menteri Supeno No. 7, Manahan Surakarta. Beli tiketnya juga di kantor Dishub ini, per orangnya IDR 20,000.  Kalo mau carter juga bisa, harganya IDR 800,000. Kalo ga musim liburan, pemberangkatannya cuma hari Sabtu, Minggu, dan libur nasional. Jam 09:00, 12:00 dan 15:00. Kalo musim libur anak sekolah atau akhir tahun ada setiap hari. Bis bagian bawah AC, bagian atasnya open air. Bagusnya ada ketentuan penumpang harus tuker tempat duduk untuk rute berangkat dan kembali, jadi semua ngerasain duduk di atas dan di bawah. Seru sih duduk di atas, Naya aja ga berhenti ngoceh "Bye mobil.. Naya naik bis di atas, tinggi lhoo..". Walaupun pas pulang dia tidur enak kena semriwing angin. Pulang pergi kurang lebih ngabisin waktu hampir 2 jam.
Untuk rutenya >>
Rute berangkat : Manahan, Jl. Menteri Supeno No.7 - Jl. Adi Sucipto (Stadion Manahan) - Jl. Ahmad Yani - Jl. Slamet Riyadi (Solo Grand Mall, Museum Radya Pustaka, Museum Batik Danar Hadi, Batik Kauman) - Gladag - Jl. Jend. Sudirman - Jl. Urip Sumoharjo - Jl. Kol. Sutarto - Jl. Ir. Sutami (UNS) - Jurug (sebelum jembatan sungai Bengawan Solo)
Rute kembali : Jurug -  Jl. Ir. Sutami (UNS) - Jl. Kol. Sutarto - Jl. Urip Sumoharjo - Jl. Jend. Sudirman - Jl. Sunaryo - PGS (Pusat Grosir Solo) - Jl. Kapt. Mulyadi (Kurma & Perlengkapan Haji) - Jl. Veteran - Jl. Bhayangkara - Jl. Dr. Rajiman (Batik Laweyan) - Jl. Perintis Kemerdekaan - Jl. Slamet Riyadi - Jl. Ahmad Yani - Manahan
Bisnya masih di kandang
Love this pic, thanks Sha!
On the bus

Abis naik bis wisata Naya sempet naik delman di depan kantor Dishubnya, lucu mini gitu. Kudanya kecil, tempat duduknya juga cuma untuk dua orang dewasa. Sampai di sini dulu jalan-jalan di Solo, tapi masih ada cerita lagi soal liburannya. See you in next post!

No comments:

Post a Comment