Monday 11 January 2016

Year End Trip Part 3 : Ambarawa

Hari Sabtu kita berangkat dari Semarang ke Ambarawa, main aim in this holiday trip yaitu naik kereta wisata. Sebenernya rencana ini udah lama banget, dari sebelum hamil Naya. Alhamdulillah terwujud juga walaupun beberapa tahun kemudian. Sengaja berangkat pagi dari hotel dengan harapan dapet tiket yang jam 12:00 atau jam 14:00. Jadi menurut info yang saya cari di mbah Google, kereta wisata ada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional dengan jadwal jam 10:00, 12:00, dan 14:00. Ternyataa.. sekarang itu adanya cuma hari Minggu dan hari libur nasional. Sabtu ada sih, tapi hanya untuk carteran. Untung banget akhirnya kita decided untuk nginep di Ambarawa, sebelumnya malah rencana dari Semarang ke Ambarawa, abis naik kereta langsung nginep di Magelang. Kalo jadinya nginep di Magelang ga jadi lagi deh naik kereta wisatanya, padahal udah jauh-jauh ke sana. Tanya-tanya sama petugas untuk hari Minggu juga sisa yang jam 14:00, wah siapa cepat dia dapat mah kalo gitu. Yasudah, akhirnya foto-foto aja deh di museum Ambarawanya. Oiya, harga tiket masuknya IDR 10,000 untuk dewasa, IDR 5,000 untuk anak-anak. Kali ini Naya bayar :D
Nice spot to take a photo
Jalan menuju museum
Train
Gerbong jaman dulu
Area museum, dulunya stasiun
Mungkin dulunya pergudangan

Abis dari museum kita check in dulu ke hotel. Oh iya, saya cari-cari referensi penginapan dekat museum KA ga ada yang sreg, cari di situs booking online yang keluar di daerah Bandungan semua. Liat peta jaraknya ga terlalu jauh, jadi kita nginep di daerah Bandungan. Kurang lebih 15-20 menit deh ke museum KA. Rata-rata penginapan di Bandungan bangunan lama semua, karena kaya'nya yang dateng wisatawan lokal Semarang dan sekitarnya aja. Nemu satu hotel namanya The Kusma, bangunannya modern dan masih baru. Nambah bangunan sih kaya'nya, karena yang model cottage gitu juga masih ada. Jadi pas check-in pun kamar masih belum siap, kelengkapan hotel minim, lingkungan hotel masih belum rapi. Tapi yang penting bersih, bangunan baru pun lebih nyaman pastinya ya. Untuk tanggal 26 Desember 2015 kemarin kita kena rate IDR 299,392. Kalo on the spot kenanya 600-an, karena peak season.

Image result for hotel the kusma bandungan
Model cottage (pic from Google)
Image result for hotel the kusma bandungan
Room (pic from Google)

Berhubung rencana naik keretanya diundur, bingung deh mau kemana. Untungnya jaman udah canggih yaa, makasih banget deh sama si mbah, tinggal ketik keywords langsung keluar apa yang dicari. Hahaa.. Sekitar jam 16:00 kita turun ke Kampoeng Kopi Banaran (Bandungan posisinya di atas, jadi adeeeem banget). Ternyata Kampoeng Kopi ini pasti dilewatin kalo mudik keluar tol Bawen, tapi baru kali ini mampir. Fasilitasnya cukup lengkap kalo buat keluarga. Tempat makan, tempat main anak, beres kan. Naya udah bolak balik nanya kenapa ga jadi naik kereta, akhirnya di Kampoeng Kopi ini kita naik mobil bentuk kereta muterin kebun kopi. Yang penting seneng dulu lah ya.. Harga tiketnya IDR 60,000 per mobil, untuk 5-6 orang. Kalo pemandangannya sih cuma kebun kopi, cuma seru aja naik turun jalan berbatu. Untuk makanan sih standard ya, ga terlalu special. Ada penginapannya juga, iseng nanya ga terlalu mahal juga. Playground anak free, ada beberapa yang bayar juga. Ada outbound, ATV, kolam renang, lengkap lah. Lagi-lagi ga ada dokumentasi pribadi ya, udah agak capek soalnya.
Image result for kampoeng kopi banaran
(Pic from Google)
Image result for kampoeng kopi banaran
Kereta wisata muterin kebun kopi (Pic from Google)
Image result for kampoeng kopi banaran
Peta Lokasi (Pic from Google)

Minggu pagi jam 06:30 suami udah cuss ke museum buat antri beli tiket. Saya sama Naya sih masih di hotel, Naya masih bobo cantik pula. Sampe sana aja udah ada beberapa orang yang antri juga. Jam 07:30 loketnya dibuka, alhamdulillah dapet tiket. Yippie! Harga tiketnya IDR 50,000 per orang, Naya ga bayar karena dipangku. Jam 10:00an kita check-out, sambil nunggu waktu balik lagi ke Kampoeng Kopi (lahh?!). Iya.. nepatin janji ke Naya main trampolin karena kemarin udah kesorean. Sekalian makan siang juga.. Abis itu lanjut naik kereta, choo choo!

Menjelang jam 2 siang tiba-tiba ujan deres, agak khawatir juga nih. Jendelanya bisa ditutup sih, cuma kan jadinya ga liat apa-apa. Lha wong model jendela kayu gitu. Tapi alhamdulillah Allah menghendaki, jam 2 kurang 10 ujannya berhenti. Tracknya itu stasiun Ambarawa-Tuntang. Ga terlalu jauh sih, tapi jalannya kan 40 km/ jam kalo ga salah, jadi PP sekitar satu jam lebih. Tipsnya, cari tempat duduk sebelah kanan (arah menuju Tuntang), soalnya Rawa Peningnya nanti di sebelah kanan, viewnya cenderung lebih asiik. Kalo mendung, pake jaket buat anak-anak, anginnya lumayan kenceng. Ga tau sih kalo panas gimana. Dateng lebih awal, karena ga ada nomer tempat duduk, dulu-duluan aja. Sebelum kereta berangkat ada mas mas yang fotoin ala candid gitu, itu tukang foto. Mungkin bisa request kitanya pose, nanti pas pulang dia jejerin deh foto foto kita. Nebusnya murah kok cuma IDR 10,000. Lumayan kan buat kenang-kenangan. Menyenangkan sih buat Naya, dan memorable karena abis itu bolak balik cerita naik kereta di Ambarawa :)
Our train ready to go
Rawa Pening view from train
Suasana stasiun Tuntang
Biar kucel foto dulu lah buat dokumentasi ;)

Jam 4 sore kita berangkat menuju pemberhentian selanjutnya, Jogjakarta. Menuju Jogja suami sama papa saya setipe, senengnya lewat jalan yang ga umum. Kemarin kita coba lewat Ketep Pass, ada teropng untuk lihat gunung Merapi dari sana. Tapi kemarin kita berhenti cuma makan jagung bakar sama ngeteh aja, hehehee.. Jam 5 sore kabutnya udah tebel, dan pertama kali saya kenalin kabut ke Naya.
View jalan menuju Ketep Pass
Mulai masuk daerah DIY Jogjakarta udah mandek, macet. Liburan kemarin emang luar biasa banget sih. Macetnya rata dimana-mana. Akhirnya puter balik cari jalan lain, tembus di Kaliurang. Sekalian makan lah, males kan udah sampe hotel keluar lagi cari makan. Abis makan, sampe hotel mandi langsung tidur. Siap-siap besok maiin di Kids Fun Parcs!

No comments:

Post a Comment