Monday 25 January 2016

Bebas Diapers

Mau nulis ini aah biar kalo Kanaya gede nanti bisa baca blog Ibun-nya, tau kecilnya kaya' apa :)

Saya itu termasuk ibu pemalas, dari Naya lahir udah dipakein diaper. Padahal diomelin sama DSA-nya, lebih baik pake' popok kain. Tapi saya pikir kalo pake popok males banget kan, harus ganti kaos, baju, dll karena pasti basah semua. Kalo diaper cukup ganti diaper yang baru aja, hehehee.. Alhamdulillahnya Naya ga ruam, baik-baik aja sampe lepas diaper. Asal rutin ganti tiap 4 jam sekali atau udah penuh, amann.

Kalo poop, dari usia 8 bulan saya udah coba dudukin di kloset. Begitu kecium bau kentut dan muka udah ngeden, saya buru-buru ke kamar mandi. Karena udah terbiasa, pas udah bisa ngomong beres deh. No more poop in diaper. Nah pipis ini yang masih susah. Anak kecil belum bisa nahan pipis kan, jadi kalo Naya bilang mau pipis, belum sampe kamar mandi udah keluar duluan. Saya udah coba pas usia 1.5 tahun, lepas diaper malah setiap 10-15 menit sekali pipis sedikit-sedikit. Kaya' anyang-anyangan gitu. Pertamanya sih sabar, 5 hari ga tahan saya pakein lagi diapernya. Hahahaa.. Btw, saya pernah posting soal awal toilet trainee tahun 2014.

Baca baca lagi soal toilet trainee, salah satu kapan si anak siap lepas yaitu berkurangnya pipis di diaper. Yasud, saya patokannya itu aja deh. Pas usia 2 tahun 2 bulan frekuensi Naya pipis udah jauh berkurang. Saya coba lah dari bangun tidur sampai mau tidur ga pake' diaper. Awalnya kaya' anyang-anyangan lagi, kadang dia bilang mau pipis tapi ga keluar. Untungnya cuma 2 hari, kalo lebih mungkin saya udah ga sabar lagi :p

Siang udah bebas diaper. PRnya tinggal malem nih. Dicoba masih ngompol, saya beli sprei anti air biar kasurnya ga bau ompol lagi. Tapi akhirnya saya nyerah, malem masih pakai. Pergi juga begitu, yang deket udah bisa lepas, tapi yang jauh (walau pun masih sekitaran Jakarta) masih pakai. Siang pun kadang masih ngompol juga, bilang mau pipis tapi keluar duluan. Akhirnya di usia 2 tahun 9 bulan udah bebass. Siang, malem, pergi, bebasss. Kanaya juga udah bisa tahan pipisnya, jadi aman deh.

Tipsnya untuk toilet trainee, sabar. Susah sih, saya juga berkali-kali nyerah. Tapi tetep usaha yaa. Ajarin anak rasanya mau pipis, mau poop. Ketika anak udah paham, dia bisa bilang sebelum keluar. Naya sekarang kalo mau poop udah bisa bilang mules :D
Biasain sebelum tidur dan bangun tidur pipis, walaupun ga keluar. Tetep bawa diaper di tas, just in case tempatnya ga nyaman atau ga ada tempat bisa pakai diaper dulu. Sampai sekarang pun saya masih bawa diaper kemana-mana. Kebayang ga kalo lagi pergi berdua terus macet Naya mau pipis atau poop, rempong kan. Gitu deh suka duka toilet trainee. Intinya sih sabar itu, emosi banget kalo lagi ribet trus ngompol. Hehehee.. Semoga berguna ya tipsnya :)

2 comments:

  1. Sis..mau nanya donk..anak aku umur 23 bulan...untuk bab nya udah bisa ngomong...jadi udah hampir ngga pernah kecolongan...tp hari ini baru coba untuk training bak nya...waduhh bener nihhh...kayak anyang2an...baru keluar dikit dilap udah pipis lagi..dilap pipis lagi...sampai aku takut nih anak kenapa...dulu kanaya berapa lama ya gejala yg anyang2an gitu??thanks for info

    ReplyDelete
    Replies
    1. duuh.. maaf banget baru reply, been long time ga buka blog.
      Kanaya anyang2annya sekitar 5 hari, mungkin karena blm nyaman. Biasa pk diapers tebel, rasanya safe, ini cm pk cd tipis gitu. Selama si anak ga ngerasa sakit pas pipis, gpp kok.
      Semangat yaa, yg sabar :)
      semoga cepet berlalu balada toilet trainee-nya..

      Delete