Monday 11 January 2016

Year End Trip Part 2 : Semarang

Abis dari Pekalongan, kita stay di Semarang 2 malam.

Day 1
Sampe di Semarang sekitar jam 13:00. Jadi check in di hotel Neo daerah Candi, terus keluar lagi cari makan siang. Review hotelnya dulu ya.. Untuk ukuran hotel budget oke banget, recomended. Bersih, nyaman, modern, ada kettle plus compliment standard. Cuma kalo ada pool-nya lebih oke lagi. Lokasinya juga enak, daerah Candi udaranya cukup adem, ga terlalu ramai, tapi kemana-mana juga deket. Plusnya lagi hotel ini satu lokasi sama Superindo, jadi kalo butuh apa-apa gampang. Ada resto juga kalo males kemana-mana. Untuk ratenya kemarin kena IDR 434,511 per night, harga peak season. Kalo bukan musim liburan sekitar 300-an kalo ga salah ya..
Our room at hotel Neo
Lanjut cari makan siang, suami ngajak ke warung sate ayam Ponorogo Pak Bagong di jalan MH Thamrin 33. Enak, empuk. Bumbunya juga berasa banget. Pesen sup ayam juga buat Naya, kuahnya kaldu banget. Emm.. delicious, kalo kata Naya.
Sate & sup ayam Pak Bagong
Abis maksi, kita mau cari tempat jual tiket bus wisata Semarang di daerah kota lama. Tapi ternyata bus wisatanya udah ga beroperasi lagi, ga dapet ijin dari dinas perhubungan. Padahal sayang banget lho, bisa jadi daya tarik wisata kan. Kota lama Semarang juga denger dari temennya suami yang jaga orang-orang komunitas, bukan pemda setempat. Yowes, akhirnya muter-muter sebentar di sekitar kota lama.
Suasana kota lama Semarang
Mumpung masih ada waktu, mampir deh ke Lawang Sewu. Ramenya pake' banget, jadi kesan horrornya ga berasa sama sekali. Kalo pas sepi mungkin saya juga merinding, hehehee.. Harga tiket masuknya IDR 10,000 per orang, Naya ga diitung. Di sana cuma muter-muter lantai bawah aja, ga naik ke atas, ga mau nyoba ke bawah tanah juga :D
Lawang Sewu
Karena dulu kantor KA, jadi banyak kereta api
Seribu Pintu
Abis dari Lawang Sewu Naya udah rewel minta main. Kebetulan pas lewat Simpang Lima liat ada Lollipops, ya sudah lah akhirnya mampir biar ga bete. Lupa tiket masuknya berapa, tapi lebih murah dibanding di Jakarta sih. Lokasinya di lantai paling atas Ace Hardware. Jadi Naya sama Ibun main, Panda bisa cuci mata di Ace Hardware.
Ga dimana-mana, kudu main di playground
Selesai main udah malem, liat di area Simpang Lima rame banget. Kaya'nya seru juga muter-muter Simpang Lima. Yuk ahh mumpung di Semarang. Biasanya kalo mudik mampir Semarang cuma beli bandeng presto doang. Hahahaa.. Nyewa sepeda disco IDR 30,000 satu puteran Simpang Lima.
Naik sepeda disco

Day 2
Hari kedua suami janjian sama temennya. Sambil nunggu waktu, kita ke Sam Poo Kong dulu. Deket dari hotel, sekitar 7 Km deh kaya'nya. HTM-nya IDR 5,000 per orang, lagi-lagi Naya ga diitung. Hihii.. Sampe sana jam 9-an, ada Barongsai lagi tampil. Pertama kali Naya liat Barongsai for real, akhirnya ikut joget-joget denger musiknya. Tipsnya mending ke sana pagi-pagi atau sore sekalian, puanaas soalnya. Di sana paling cuma foto-foto aja, ada mini theatre juga sih, cerita sejarahnya. Ada penyewaan kostum jaman kaisar juga, sayang kemarin Naya ga mau. Padahal lucu lho..
Ga mau senyum karena puanass
Selesai foto-foto balik ke hotel ketemuan sama temennya suami. Abis itu lanjut ke Masjid Agung Jawa Tengah. Masjid yang punya payung kaya' di Madinnah itu lhoo.. Di MAJT ini ada tower menara pandangnya, tadinya mau coba tapi tutup lagi istirahat karena menjelang sholat Jum'at. Baru buka lagi jam 13:00, karena males nunggu jadi di skip deh.
Mataharinya cerah beneer
Selesai sholat Jum'at kita cari makan. Diajakin makan di Toko Oen, resto yang cukup famous di Semarang. Speciality-nya sih desert sama snack gitu, tapi bistik lidahnya juga enak katanya. Yaudah sekalian aja makan siang, Naya juga udah laper. Tapi kita kecewa banget sih, pelayanannya ga oke banget. Pesenan kita datengnya super lama, satu jam lebih baru keluar. Even air mineral sama ice tea aja setelah 20 menit baru dianterin, itu pun setelah ditanya. Sampe suami ke dapurnya langsung, baru makanannya keluar. Jadi rupanya orderan kita ke skip, tapi banyak meja lain yang begitu juga. Ada juga yang sampe cancel ga jadi makan. Tapi bistiknya emang enak banget, ga sempet di foto karena udah laper berat. Kalo ice creamnya kurang lebih sama kaya' di Ragusa jakarta. Tipsnya kalo makan di sana pas musim liburan dessert and snack-nya aja biar cepet. kalo ngidam bistiknya, make sure aja orderannya masuk.
Image result for toko oen semarang
Toko Oen (pic from Google)

Image result for toko oen semarang
Bistik lidah (pic from Google)

Image result for toko oen semarang
Aneka ice cream (pic from Google)

Selesai makan yang agak drama itu, kita balik ke hotel. Karena liburannya santai dan jadwal yang fleksibel, tidur sore dulu lah kita. Hehehee.. Abis Maghrib cari makan malem, diajakin suami makan Sate dan Gule Kambing 29, lokasinya di sebrang gereja Blenduk kota lama. Pas kesana jam makan malem jadi rame, waiting list sebentar. Model tempat duduknya yang meja panjang gitu, jadi kita sharing table sama tamu yang lain. Interiornya menarik, di dinding banyak foto daerah kota lama dari jaman dulu. Nyobain sate buntelnya, super empukk. Bumbunya juga resep ke satenya, recomended deh kalo ke Semarang. Ga sempet difoto tapi, Naya lagi agak rewel soalnya. satu porsi sate buntel 2 tusuk, tapi gede jadi dijamin kenyang. Suami makan sate kambingnya, empuk jugaa. Pengen nyobain gule dan yang lain sebenernya, cuma perut udah full.
Image result for sate kambing depan gereja blenduk semarang
Interiornya jadul (pic from Google)
Image result for sate kambing depan gereja blenduk semarang
Sate buntel (pic from Google)
Image result for sate kambing depan gereja blenduk semarang
Sate kambing (pic from Google)
Yup, sampai di sini dulu trip di Semarang. Besok paginya kita cuss ke Ambarawa. See you on next post yaa ;)

No comments:

Post a Comment