Friday 1 June 2012

keluhan di awal kehamilan

Selagi masih harap-harap cemas sama pernyataan dokter, which is two weeks ahead (berasa lamaa..), gue mau cerita sedikit sama apa yang gue alamin. layaknya wanita lain yang lagi hamil muda, gue pun merasakan beberapa hal berikut :
1. kram perut, rasanya kaya' mau haid. kadang nyeri di kanan, kadang di kiri. katanya sih wajar selama ga keluar flek. tapi tetep aja ya, namanya baru pertama kali hamil, bawaannya parnoan. kalo perut udah berasa kram, gue cek ada flek yang keluar atau ga. lah bolak balik sakit, gue ceknya juga berkali-kali. hahahaa.. alhamdulillah sejauh ini aman sentosa..
2. payudara membesar, berikut putingnya, aerolanya juga menggelap. yup, perubahan yang signifikan saat awal kehamilan emang bukan perut yang membuncit, tapi payudara duluan yang berubah. kadang nyeri juga kaya' mau haid. yaah, tanda-tanda hamil sama haid kan 11-12 yaw..
3. mual. so far, ini sih yang paling mengganggu gue. bawaannya jadi males makan, sedangkan asupan harus tetep masuk karena awal kehamilan itu pembentukan janin. kalo ga makan, takutnya janinnya ga sempurna. tadinya cuma malem aja tuh mualnya, tapi belakangan pagi siang malem juga mual. akhirnya gue siasatin dengan makan sedikit tapi sering, susu bisa 3x sehari, sama 'tarian anti mual'-nya suami. hahahaaa.. kalo udah mual, dia suka joget-joget biar gue ketawa dan lupa sama mual yang dirasain. and it works :)
4. sering pipis. padahal ga banyak juga minumnya, tapi bawaannya pengen pipis terus. jadinya malah banyak minum pada akhirnya, biar ga dehidrasi.
5. gampang ngantuk & cepet cape. bawaannya pengen tidur terus, hehehee.. dan baru naik tangga aja udah sedikit ngap, padahal biasanya gak papa. juga males. emm.. ini sih bawaan lahir kaya'nya, secara gue emang pemalas :p
6. sakit punggung. entah karena kebanyakan duduk, atau karena apa. kadang-kadang punggung gue sakit, pengen uruuuut. udah lama ga urut, tp dimana ya yang bisa pijet hamil?
7. susah BAB. katanya sih emang gitu, makanya suruh banyak makan buah biar tokcer buang airnya.
8. keputihan. gue emang termasuk wanita yang menghasilkan banyak cairan, tapi biasanya keputihan keluar kalo gue udah terlalu banyak kegiatan atau mau haid. ini cuma leyah leyeh di rumah ko keputihan? tapi wajar ternyata, karena adanya perubahan hormon. selama ga berubah warna dan bau, that's fine.
9. gatel-gatel, di bagian perut. gue sih takutnya herpes aja, secara gue punya riwayat atas virus yang satu itu. tapi alhamdulillah membaik setelah gue kasih bedak dingin. oiya, perut gue juga berasa ditarik ke belakang. jd kenceng banget rasanya ini perut.

banyak yah keluhannya, tapi dinikmatin aja. terus berjuang sampe 9 bulan ke depan. mudah-mudahan babynya sehat dan sempurna tidak kekurangan suatu apapun. aamiin.. dan terima kasih buat kakak iparku yang telah melungsurkan buku-buku kehamilannya, lumayan buat baca-baca :)

thank u mb Adah ;)
oh iya, ada link dari bidankita.com buat panduan mengatasi ketidaknyamanan selama hamil nih, click here.

No comments:

Post a Comment