Tuesday 24 June 2014

Kanaya 1 Year - 1 Year 5 Months

Lanjuuut..
1 year
Finger painting, hasilnya.. abstrak!
Oiya, di usia setahun ini juga udah mulai berontak, bisa bilang "ga" kalo emang bener-bener ga mau. Mulai berani melangkah sendiri di usia 12 bulan 5 hari. Dua minggu kemudian mulai lancar jalannya. Belum tumbuh gigi juga nih di usia setahun, lagi-lagi bikin khawatir. Tapi Naya udah mulai nunjukkin minatnya untuk makan sendiri, walaupun pegang sendok dan nyuapnya belum bener. Trus sempet ikutan acara yang diselenggarain sama Friso, finger paint gitu ceritanya. Lumayan, Naya jadi lebih berani kalo di tempat umum.

1 year 1 month
Momong si Emon
Cerita panjang nih di bulan ini.. Tepat di tanggal 11 Februari, Naya mulai demam. Liat gusinya agak bengkak, jadi saya ga terlalu khawatir karena dipikir mau tumbuh gigi. Tapi ko demamnya tinggi, naik turun, dan di hari ketiga belum turun juga. Deg! Mulai khawatir nih, ada apa ya? Akhirnya ke dokter, cek darah takut DB, tapi alhamdulillah ga. Trombosit turun, dokter bilang pasti ada bakteri. Saya mutusin untuk cek urin juga, walaupun saya merasa udah maksimal dalam urusan bersih bersih, tetep aja takut Naya ISK (Infeksi Saluran Kencing). Maklum, anak perempuan jauh lebih rentan untuk urusan yang satu ini. Alhamdulillah hasilnya negatif..

Naya dikasih antibiotik untuk bunuh bakterinya, setelah obatnya abis Naya sembuh. Dan gigi juga mulai keliatan. Ya kok barengan sakit sama tumbuh gigi, jadi double kan rempongnya. Giginya udah ga sakit lagi, mulai deh makan nasi. Dan di usia 13 bulan ini Naya udah bisa poop di toilet, yeay! Jadi kalo udah tanda-tanda mau poop, langsung digotong ke kamar mandi, dia bisa tahan sebentar sampai di toilet. Udah dibiasain sejak usia 8 bulan sih. Sekarang (1y 5m) malah udah pinter bilang mau poop, ga bisa poop kalo ga di toilet. Kecuali udah mules banget, ya keluar aja di pampers.

Nah, di bulan ini juga mulai deh jadi peniru handal. Tingkahnya udah bisa apa aja? Pegang sapu, ceritanya nyapu. Udah bisa milih mau pake sepatu mana, pilih mainan yang mana, gendong boneka (ceritanya momong). Ngomong juga udah harus hati-hati, pasti ditiruin soalnya.

1 year 2 months
Have fun at Giggle
 Perkembangan di bulan ini cuma jalan tambah lancar, ngomong juga tambah banyak. Pinter lainnya apa ya.. Can't remember, hahaa.. Cuma karena Naya jalannya udah lancar, saya coba ajak main di Giggle yang di fX mall. And she's soooo happy.. Kalo ga karena ngantuk juga ga akan mau pulang deh. Oiya, perdana berenang di kolam renang umum :)

1 year 3 months
Ada aja kelakuannya -__-"
So far so good sampai usia 15 bulan ini, cuma curiga sama BB Naya yang ga naik dari usia 9 bulan. Sempet 8.4 kg di 12 bulan tapi turun jadi 8 kg pas sakit. Sekalian imunisasi, tanya lah ke dokter. Disaranin untuk cek lab, dicurigai defisiensi besi. Ternyata bener dong, liat hasil lab lemes banget. Kandungan besi di dalam darah Naya rendah banget. Langsung merasa ga berguna jadi ibu, kurang apa saya pikir. Daging, sayuran hijau, ati ayam, you named it lah. Saya merasa udah mencukupi kebutuhan gizinya, tapi ya kenyataannya kurang.

Dikasih suplemen, udah minum sampai habis juga ga ada pengaruh. BB Naya masih disekitar 8 - 8.1 kg.Nafsu makannya belum berubah juga. Tapi perkembangan otaknya tetep ada, makin pinter ngomong, tau situasi seperti gelap, terang, hujan, panas, dingin, gatal, dll.

1 year 4 months
Lagi seneng corat coret
Masih bergelut dengan masalah BB. Setelah konsultasi sama om dokter, saya putusin untuk kasih obat cacing. Karena Naya masih masukin segala macem ke mulut, juga pernah main pasir. Kalo liat fesesnya sih sepertinya iya, setelah minum obat cacing juga perutnya ga terlalu buncit lagi. Tapi nafsu makannya belum juga membaik, malah jadi susah makan. Maunya bubur atau nen aja. Masalah defisiensi besinya juga ga tau hasilnya gimana, karena harus cek darah lagi. Baca-baca kalo anak kekurangan zat besi lesu, dan pengaruh ke kemampuan kognitif si anak. Nah, pas kemarin defisiensi besi Naya ga keliatan kaya' kurang darah. Aktif banget dan makin pinter. Jadi pengaruhnya ya ke BB-nya aja..

Di bulan ini lagi-lagi Kanaya kena virus, virus Roseola. Penyebabnya mungkin karena kurang zat besi itu, jadi otomatis daya tahan tubuhnya juga kurang. Sebelum sakit, Naya perdana naik Metro Mini dan Commuter Line lho. Lumayan buat pengalaman, hehee..

1 year 5 months
Si boss lagi nyantai..
Di 17 bulan ini Kanaya mulai bisa merangkai dua tiga kata. Tingkah laku yang lagi sering dilakuin adalah bawa tas jinjing, trus bilang "Daaah.. mau pasa, bi bubu" (daah.. mau ke pasar, beli bubur). Lagi suka nyanyi juga, yang paling lumayan lagu Cicak di Dinding, sisanya cuma bisa belakang tiap baitnya aja. Udah bisa berhitung sampai 10, bilang terima kasih, permisi, beresin mainan, taro baju kotor di keranjang, banyak deh.. See? Kemampuan kognitifnya ga kaya' anak defisiensi besi. Alhamdulillah..

Sekarang makannya cuma mau bubur atau tim, tapi ngemilnya nasi putih. Aneh, tapi yaudah lah diikutin aja. Lagi dijejelin cemilan yang mengandung keju juga, susu UHT, apapun lah buat nambah berat badannya. Kemarin timbang beratnya sih udah 8.5 kg, mudah-mudahan bisa naik terus sampai 10 kg. Aamiin.. Mulai dibilangin juga kalo nen-nya sampai usia 2 tahun aja, biar siap. Banyak yang bilang untuk disapih lebih awal biar makannya banyak, tapi sayang 6 bulan lagi 2 tahun. Toilet trainee-nya mulai bulan depan aja deh, Ibun yang belum siap ngepel sana sini. Hehehee..

Begitulah cerita yang tertunda, tunggu postingan berikutnya ya! ;)

No comments:

Post a Comment