Friday 3 August 2012

kecewa terhadap pelayanan bank

well, gue cuma mau sharing aja sih. kecewa terhadap bank apa? itu looh, bank besar yang merajalela di Indonesia, yang corporate colournya biru (banyak yee :p), yang logonya sekilas mirip pohon, yang antrian ATMnya ruame dimana-mana. you know lah yaa.. kecewanya kenapa? gini ceritanya..

insyaAllah gue sama suami mau beli rumah, KPR nih ceritanya. salah satu syarat KPR adalah rekening koran atau print out buku tabungan tempat penghasilan (gaji) masuk selama 3 bulan terakhir. iye, ini juga salah satu syarat KPR yang bikin males orang-orang kaya' gue, yang ga rajin print out buku tabungan. gue sama suami itu ngecek histori transaksi cuma lewat internet banking, males bo' jalan ke bank ngeprint buku tabungan. udah feeling bakalan ribet nih berurusan sama bank ini (yang udah-udah sih gitu). karena mau ga mau harus wajib kudu di proses, dijalanin lah. pemikiran awal kita sih kalo minta rekening koran atau print out cuma bawa buku tabungan sama KTP aja lah ya, di cabang manapun bisa. jalan dong suami gue ke bank itu, cabang deket kantornya. udah lama antri, ga taunya ga bisa. kata CS bank itu, harus di cabang tempat suami gue buka rekening. ngoook! Central Park ke Rawamangun lumayan yaaah. padahal udah sampe Rawamangun tinggal pulang itu mah.

pas sampe cabang Rawamangun, ga bisa ditunggu. kurang lebih seminggu, dan kena charge buat print rekening koran 35 ribu per bulan sodara sodara. 3 bulan berarti 105 ribu dong. ikhlass.. masalah lainnya hari itu suami gue adalah, tanda tangan dia di buku sama di KTP beda. beda dikit cuy, tapi harus ganti buku. lah coba lo tanda tangan berkali-kali deh, apa iya ada yang sama? yasudah ganti lah pikir suami gue, emang standard keamanan sebuah bank. tapi, si mbaknya bilang, "kalo mau ganti buku harus ada transaksi pak, boleh setor atau ambil". jeng jeeeeng.. gue pribadi sih baru tau yah kalo ganti buku harus ada transaksi. apa bank lain juga gitu? waktu gue ganti buku di bank lain yang warna biru dengan logo pita kuning itu sih ga ya, si mbaknya cuma print ulang transaksi terakhir gue entah kapan itu. keluar lagi deh 100 ribu buat setor. ga papa juga sih sebenernya, toh masuk ke rekening sendiri. cuma rempong aja kan? ikhlas dijalanin, walaupun keki juga.

seminggu berlalu, gue telpon ke banknya. nanya udah selesai belom di printnya. setelah dua kali lempar-lemparan (Indonesia banget yaah), nunggu 10 menit buat di cek, akhirnya si mbaknya bilang udah selesai, bisa diambil. kemaren, suami gue cuti doong buat urus ini itu. urusan lain selesai, terakhir ke bank itu. udah tanya, kita disuruh nunggu. hampir setengah jam nunggu, dipanggil tuh. dengan santainya si mbak bilang, "pak, bulan April sama Mei ga ada. cuma ada bulan Juni aja". nah loh, padahal di slip itu mintanya April - Juni. si mbaknya cuma bilang, "gimana pak?". lah terus ga ada usaha apa-apa gitu? suami gue ngomel dong, udah cuti cuma buat ngambil (karena ga bisa diwakilin), udah nunggu, terus ga ada hasil apa-apa gitu? ga mau tau, harus selesai hari ini. toh kemaren gue telpon udah selesai, kalo emang belum selesai ya bilang aja belum. jadi kita sebagai customer ga usah capek capek ke sana kaaan. dan lo tau berapa lama butuh selesainya? setengah jam saja. heeeehh? kalo bisa setengah jam aja kenapa harus nunggu seminggu? sungguh ga masuk akal. masa iya sih harus digertak dulu baru ada hasilnya (ini juga Indonesia sekaliii).

gue yang ikut jadi keki juga, soalnya si janin di perut udah teriak-teriak minta makan, tapi harus nunggu itu dulu tuh. hadeeeeh.. ampun deh ya. masa iya sih bank sebesar itu ga bisa sistem online, data nasabah cuma ada di cabang tempat buka rekening. padahal bank lain bisa loh, entah ganti buku, ganti atm, atau lainnya. lah gue dulu atm abis, bisa ganti di Bali. coba minta rekening koran di bank lain, ga sampe setengah jam udah jadi. beberapa bank emang bisa print histori transaksi via internet banking, termasuk bank ini. tapi, kalo bank lain di download bentuknya PDF, ada authorized bank tersebut. kalo bank ini, di download bentuknya Excel. bisa diubah-ubah angkanya itu mah. ga ada authorizednya pula. mana percaya orang KPRnya.

panjang yah curhatnya.. yaaah, buat berbagi pengalaman aja. kalo bisa rajin rajin print out buku deh. biar kalo sewaktu-waktu butuh buat KPR atau nyicil yang lain ga perlu rempong kaya' kita. kemaren pas nunggu ada customer lain yang ngomel-ngomel juga karena minta rekening koran harus seminggu. sabar yah paak, kalo perlu digertak juga. setengah jam aja loh paaak. hehehee..

1 comment:

  1. hahaha.. aku pernah ngalami jg bu,aturan bank yg aneh menurutku, klo mo plek ya cap jempol aja, mn ada yg jempolnya sm.. =_______=

    ReplyDelete