Thursday 24 October 2019

Rasanya Jadi Ibu Seorang Anak SD

Well, ternyata ini yang dirasain ibu-ibu yang udah punya anak SD. Hahahaa.. Tapi beneran deh, bayangan saya punya anak SD itu lebih santai karena jam sekolah lebih lama, makan siang bisa catering, anak udah besar jadi lebih mandiri. Paling ribet pas ada ujian aja. Tapi ternyata tidak semudah itu ferguso..

Ternyata eh ternyata, si kakak ga mau ikut catering di sekolah. Alasannya takut ga suka sama menunya dan takut ga habis. Jadilah mamak tiap hari bangun jam 4 buat bikin bekal snack ples makan siang. Terus semua kebutuhan harus mamak yang siapin kan, maklum baru kelas 1. Belum bisa full tanggung jawab sama kebutuhannya sendiri. Mungkin nanti kalo udah kelas 3 ke atas emaknya bisa lebih longgar karena anak udah lebih mandiri. Lalu di sekolah si kakak ini selalu ada project yang melibatkan orang tua, buat bonding dan belajar kerjasama antar ortu dan anak. Tugasnya ya lumayan sering sih, jadi paham lah ya gimana. Hahahaa..

Ga ketinggalan rempesnya kalo mau ujian. Sungguh jauh dibanding waktu TK (yaiyalah 😂). Sempet kepikiran dong, bisa ga ini anak ngikutin pelajaran di sekolah, cara ngajarin hal baru yang sebelumnya ga pernah dia dapet. Saya termasuk tipe ortu yang ga terlalu concern sama nilai dan prestasi, yang penting anaknya bisa bersosialisasi dengan baik, bisa ngikutin semua kegiatan di sekolah. Tapi ya ga bener-bener cuek, tetep ada nilai yang harus dicapai untuk bisa terus lanjut kan. Jangan sampai ga naik kelas juga.. Tetep harus belajar kalo mau ujian, ngerjain semua tugas, tapi ga harus jadi paling hebat di kelas. Dan yang namanya ulangan harian, bisa tiap minggu. Pelajaran anak jaman sekarang kan beda yaa sama jaman kita dulu, anak ulangan ya emaknya juga kudu belajar. Kalo ga belajar ngajarin ke anaknya piye?

Menurut saya sih enakan jaman saya dulu, per mapel. Kalo tematik gini sungguh pusyiang buka buku bolak balik. Bahasa Indonesia di hal sekian, matematik halaman sekian, mapel yang lain juga gitu, dalam satu buku. Alhasil saya bikin rangkuman aja biar ga bolak balik buku, jadi ngajarinya based on a piece of paper. Hehehee..

Tapi ya seru sih jadi ibu, biarpun saya IRT saya tetep belajar banyak hal baru seiring anaknya makin gede. Karena dunia parenting ga akan ada habisnya. Entah ada keseruan dan tantangan apa ketika anak udah SMP, masa-masa ABGnya. Atau ketika SMA, masa pencarian jati diri dan segala problematikanya. Semoga ibun dikasih umur buat nemenin kalian terus ya kids 😊

No comments:

Post a Comment