Tuesday 14 May 2013

sosialisASI

Tujuan gue posting soal ASI adalah untuk sharing dan mensosialisasikan ASI. Kenapa? Karena biarpun udah gencar sana sini biar ibu-ibu menyusui, beberapa orang yang gue kenal pun tetep kasih sufor ke anaknya. Alesannya macem-macem, ada yang ga mau repot kalo lagi ditinggal, ada yang katanya ASInya sedikit jadi anaknya nangis terus, ada yang katanya karena lahiran sectio jadi ASInya ga keluar. Padahal sebenernya bisa kok, asal ibunya mau. Menyusui emang harus struggle, ga gampang tapi menyenangkan :) 

Ini cerita gue soal menyusui Kanaya..
Waktu hamil gue sempet worried kalo ASInya ga keluar, karena temen dan baca di forum ada yang di usia kehamilan 6 bulan udah keluar. Gue sampe hari melahirkan pun masih kering-kering aja putingnya. Tapi berbekal ilmu yang gue cari-cari selama hamil, gue bisa lebih tenang. Kuncinya adalah yakin, relax, dan happy. Pertama kali Kanaya dikasih ke gue itu jam 10 malem, gue ngelahirin jam 1 siang. Begitu Naya menghisap, masih belum ada yang keluar. Tapi tetep gue jejelin aja, karena hisapan bayi juga bisa merangsang ASI untuk keluar. Selama setengah jam masih ga ada yang keluar, Naya akhirnya capek dan milih untuk tidur. Oke, dicoba lagi deh besok pagi.

Paginya di jam nyusuin, gue pijet PD sebentar trus coba diperah dan ternyata kolostrumnya keluar. Alhamdulillah.. Tapi tetep yang keluar baru sedikit. Ga papa, toh lambungnya Naya juga masih segede kelereng. Masalah selanjutnya adalah suster manggil gue untuk ke ruang bayi, soalnya Kanaya nangis terus. "mungkin haus bu, coba disusuin aja", suster said. Gue coba susuin akhirnya diem, tapi Naya nyusu cuma sebentar, less than 10 minutes. Walaupun RSnya pro ASI, tetep yah ada aja suster yang nawarin untuk kasih sufor. Gue tetep yakin dan bilang TIDAK. Akhirnya gue bolak-balik aja ke ruang bayi buat nyusuin, sakit bekas sectio pun ga terasa kalo udah nyusuin Naya. Hehehee.. *drama*

Udah di rumah, Naya nyusu setiap jam. Sebentar-sebentar nangis, minta nyusu terus. Nyokap pun komentar, "ga kenyang kali de'..". Gue juga mulai stress tuh, tapi tetep coba untuk relax. ASI ga keluar kalo ibunya stress, so keep calm and relax. Pas liat hasil pompa gue encer, nyokap komentar lagi, "tuh, susu kamu encer.. makannya yang bergizi dan banyak dong". Fiuhh.. Gue pikir nyokap mau nyuruh kasih sufor. Kalo makan banyak sih oke lah, I'm not affraid being fat. Bukannya mau ngelawan nyokap kalo nyokap nyuruh kasih sufor atau gimana, at least kita ga usah debat soal itu. Jadi gue lanjut nyusuin Naya semaunya dia aja, ga dibatesin.

Masalah lainnya ada lagi, Naya cuma mau nen di PD kiri. Ternyata puting PD kanan gue kurang nonjol. Anaknya ga sabar, jadi kalo dikasih PD kanan ngamuk. Yasudah lah, gede sebelah yo wes. Sampe sekarang Naya tetep ga mau nyusu di PD kanan, padahal udah terus dicoba. Udah nyoba ditarik juga tetep ga mau. Padahal kalo sering disusuin juga nanti nonjol sendiri, tapi apa daya punya anak yang ga sabaran. Mudah-mudahan bisa terus sampe 2 tahun walaupun cuma satu PD. Oh iya, kalo ada yang bilang PD kanan makanan dan PD kiri minum, itu mitos yah. Nyatanya Kanaya bisa naik banyak di bulan pertamanya, BBL 2.77 kg, sebulan jadi 4.1 kg. Masa' badannya Naya isinya air doang? Badannya kenceng gitu kok. Ini aja banyak yang ga percaya kalo cuma ASI aja, tanpa campuran sufor. Pasti komentarnya, "ASInya banyak sih ya..". Ya kuncinya itu, yakin, relax, happy. Dan prinsip ASI itu supply meet demand. Semakin sering dikeluarin, semakin banyak juga produksinya. Jadi kalo abis nyusuin PD masih agak kenceng, dipompa aja. Lumayan juga buat stock kalo ga bisa nyusuin langsung. BB Kanaya juga alhamdulillah stabil sampe saat ini..

Mungkin ada pertanyaan kenapa harus ASI? Yang jelas ASI itu ga ada tandingannya. Susu formula apapun ga bisa menggantikan kandungan ASI. Yang kedua, bonding antara ibu dan anak, pelukan dan sentuhan. Seriously, it's priceless. Apalagi pas lagi nyusuin anak ngeliatin kita, haru biru banget deh rasanya. Yang ketiga, irit cuuy. Buat gue sih udah cukup ya pengeluarannya buat pampers aja, hehehee.. Tau sendiri kan harga sufor itu mahil, mending buat asuransi pendidikan aja kan? Yang keempat, simple ga ribet. Kalo harus pergi ga repot bawa susu, botol, air panas, dll. Anaknya haus tinggal lepp. Cuma modal apron aja buat nyusuin di tempat umum.

Breastfeeding juga butuh dukungan, terutama dari orang terdekat. Tipsnya, bikin kuping suami sama orang tua panas dengerin kita ngoceh soal ASI selama hamil. Terutama sama suami, bilang kalo nyusuin itu ga boleh stress. Nantinya suami akan banyak bantu dan bikin kita tetep happy, at least jaga perasaan kita biar ga bete atau kesel :D

Begitulah cerita gue tentang breastfeeding. Jadi ibu-ibu, banyak cari informasi tentang ASI dan bayi ya. Kalo punya twitter, bisa follow AIMI ASI, Tips Menyusui, atau buat para suami bisa follow Ayah ASI. Banyak ko yang mau bantu kalo punya masalah sama menyusui, bisa ke konselor ASI juga. Banyak juga mitos tentang nyusuin, tutup kuping dan kasih senyuman aja. Hihihii.. Bukannya gue melarang atau memojokkan ibu yang kasih sufor ke anaknya ya, balik lagi ke individualnya ko. Kalo bisa kasih yang terbaik buat anak, kenapa ga? *wink*


Kanaya anak ASI (usia 2 bulan)

No comments:

Post a Comment