Friday 31 May 2013

It is not easy

Apanya yang susah? Jadi orang tua. Bukan, bukan orang yang udah tua, being parents maksudnya. Hehehee.. Gue baru merasakan hal ini dua minggu ke belakang, ketika Kanaya udah bisa nangis meraung dan berteriak saat keinginannya tidak terpenuhi. Fiuhh.. Terus susahnya dimana? Buat gue jadi susah kalo nantinya jadi habbit. Orangtua mana sih yang ga mau anaknya jadi anak yang baik? So do I. Mendidik dan mendisiplinkan anak itu ternyata ga gampang. Kemarin gue hampir frustasi ngadepin Kanaya. Errr.. drama? A little bit. Ini anak wataknya agak keras. Jadi kalo dikerasin ya tambah batu, dilunakkin dia kipas-kipas.

Akhirnya gue konsultasi sama temen gue yang ahli di bidang per-psikologi-an (terima kasih ibu Anita :)). Hasil konsultasinya adalah anak bayi belum punya ego dan super ego, jadi yang mereka mau sifatnya harus. Kalo ga diturutin, mereka ngamuk. Terus cara ngatasinnya, dialihkan. Sometimes it works on Kanaya, but mostly not. Pengalihannya paling ga sampe dua menit, udah inget dan ngamuk lagi. Jadi sekarang kalo Naya ngamuk, biasanya gue gendong aja muter-muter rumah. Udahannya dia capek sendiri trus diem. Bukannya ga mau ngadepin kenyataan, I just don't know what I should do. Udah dicoba berbagai cara ga mempan. Kebayang ga kalo karakter ini kebawa sampe gede? Dan waktu gue cuma 3 tahun buat ngebentuk karakter Naya. May be it looks silly mulai ngebentuk karakter anak di usia 4 bulan, tapi gue ga mau terlambat. Ya apa salahnya dicoba, yang penting ga ada unsur pemaksaan kan. Mudah-mudahan aja berhasil.. *finger cross*

Kemarin lagi Googling soal MPASI, ketemu blog ini. Ternyata si penulis pernah bahas soal Hypnoparenting. Setelah baca, ternyata berguna banget buat ilmu dasar mendidik anak. Point paling pentingnya adalah kita sebagai orangtua harus tau anak kita seperti apa, jadi cara mendidiknya juga beda-beda. Nah, gue baru mau coba nih cara pillow talknya. Nanti gue review lagi ya berhasil atau ga di Kanaya.

UPDATE : So far it works! Emang ga sepenuhnya sesuai sama keinginan gue, tapi paling ga bisa lebih oke lah. hehehee.. :)

No comments:

Post a Comment