Thursday 18 June 2020

Konsumsi Protein Ketika Hamil

Sebenernya ga pas hamil aja sih ya tubuh kita butuh protein, cuma mau sharing aja nih bedanya sama kehamilan pertama dan kedua saya..

Jadi karena pas bulan ke 5 BBJ kurang, dan untuk boost BBJnya harus banyak makan protein, saya mulai konsumsi protein dalam jumlah yang lebih banyak dibanding biasanya. Dan makan protein setiap hari. Awalnya cuma telur aja satu butir sehari, trus lama-lama makan daging merah, ikan, dan bahan makanan lain yang mengandung protein tinggi. Alhamdulillah di bulan ke-6 BBJ udah normal.

Trus di bulan ke-7 BBJ lebih dari rata-rata usia kandungannya, sepertinya karena saya konsisten konsumsi protein tiap hari. Dan yang bedain sama kehamilan pertama dan kedua, BB saya ga naik begitu banyak tapi BBJnya naik. Inget banget pas masuk trimester ketiga, dulu itu BB saya naiknya cepet banget, tapi ke bayinya ga terlalu. Kebalikannya kalo hamil yang sekarang. Yang ini saya emang banyakin makan protein ketimbang karbonya sih. So, kesimpulan saya dan yang terjadi di saya adalah : kalo jumlah karbo atau gula lebih banyak, larinya ke badan saya. Tapi kalo konsumsi jumlah proteinnya lebih banyak, larinya ke bayinya. Telat banget kan baru realize sekarang, hahahaaa..

Pantesan liat artis yang pola makannya bener, pas hamil badannya segitu-gitu aja tapi BBJnya normal. Ternyata emang kuncinya di pola makan gengs.. Pas hamil kak Nay BB saya naik 25 kg, pas Arga naik 22 kg. Yang ketiga ini usia kandungan 7.5 bulan baru naik 13 kg. Sampai lahiran nanti ga sampai 20 kg sih kayaknya. Kayaknya yaaa.. Semoga konsisten tetep lebih banyak konsumsi protein dibanding karbo atau lainnya. Tapi saya tetep sering makan manis juga ngemilnya. Cuma kurang olahraga aja ini. Sejak pandemi mager banget mau keluar, karena sampai rumah kudu mandi dan bebersih kan.

Okeh, itu aja random thought saya kali ini. Untuk manfaat protein ketika hamil bisa googling aja ya. Hihihiii..

No comments:

Post a Comment