Saturday 6 April 2019

Cerita Tentang Persiapan Hamil

Haaiii.. Bukan, bukan cerita kalo saya lagi promil yaa 😆
Jadi ceritanya saya share di IGS, tentang aplikasi ovulation & period calendar gitu, kemudian beberapa teman nanya nama aplikasinya apa. Trus apa hubungannya aplikasi itu sama promil saya waktu itu. Jadi kali ini mau sharing gimana saya berhasil hamil yaa.. Mungkin bisa jadi tips juga sih, tapi hasil di tiap orang beda-beda kan. Dan tetap keputusan Yang Maha Kuasa, kita cuma bisa berusaha dan berdoa aja. Okeyy here we go..

Saya itu akhirnya berhasil hamil anak pertama setelah nikah selama 1.5 tahun. Ga cepet dan ga lama juga ya, sedeng-sedeng lah. Hehehee.. Kurang lebih selama 8 bulan usaha tiap bulan tapi ga jadi jadi. Karena saya ngitung masa suburnya pakai itungan manual, berdasarkan rumus hasil searching di Google. Hahahaa.. Akhirnya ketemu lah aplikasi ini, namanya Ladytimer Ovulation & Period Calendar. Sampai sekarang masih pakai karena saya KBnya pakai sistem kalender. So far berhasil di saya, karena itungan masa subur dan ovulasinya tepat. Tinggal masukin data dan info siklus haid kita, berapa hari kalo haid, dll. Udah deh, diitungin sama aplikasinya kapan masa subur dan ovulasi kita. Praktis!

Ini aplikasinya yaa

Nah, laluu kalo udah ketauan kapan masa suburnya, jadi bisa atur kapan waktu yang pas untuk berhubungan kan. Waktu promil Naya & Arga saya bener-bener atur waktunya tuh. Saya bilang ke suami, berhubungannya tanggal sekian sama sekian ya. Hahahaa.. Kalo saya pribadi pilih tanggal di dua hari sebelum ovulasi dan pas ovulasi. Dan make sure kondisi kita berdua bener-bener fit. Jadi dijaga bener deh, ga capek-capek, jangan sampe sakit. Biar kualitas sperma dan sel telurnya juga bagus. Dibilang niat banget ya emang iya, namanya kepengen punya anak kaann.. Jadi beneran well prepared, karena saya tipe yang harus usaha lebih untuk bisa hamil. Dan alhamdulillah berhasil..

Persiapan saya lainnya, saya rutin olahraga dan minum vitamin E setiap hari. Waktu promil Naya sama Arga itu saya rutin olahraga dua hari sekali, selama sebulan. Alhamdulillah bulan depannya positif. Olahraganya bebas, kalo saya cuma cocok yoga sama sepeda santai. Ga kuat nafasnya kalo lari, aerobik, yang menguras tenaga banget gitu. Sanggupnya yang santai santai aja, hihihii.. Ngobrol sama obgyn saya emang olahraga itu salah satu bentuk usaha buat hamil juga, karena melancarkan peredaran darah kan. Penting banget buat promil, terutama untuk perempuannya. Pernah minum susu untuk persiapan hamil selama 2 bulan, tanpa olahraga. Ternyata emang ga ada hasilnya. So, emang pengaruh yaa..

Ikhtiar berikutnya tentu aja doa, yang paling penting yess. Dulu punya file kumpulan doa-doa selama promil dan selama kehamilan, cuma entah kemana deh filenya. Tapi cari di Google juga ada sih kayaknya, bahkan lebih lengkap kali sekarang.

Oiya, di aplikasi tadi juga bisa di set kita mau promil atau mau cegah. Trus bisa tau juga tanggal yang tepat berhubungan kalo mau anaknya perempuan atau laki-laki. Pas masa subur keliatan, pink kalo anak perempuan, biru kalo anak laki-laki. Namanya ikhtiar kan, dicoba ajaa 😀. Hasilnya mah lillahi ta'ala.. Pas Naya sih kita ga persiapan, kalo pas Arga diniatin usahanya. Trus jenis kelamin anak kan ditentuin sang pria ya, jadi pas promil Arga suami saya suruh banyak makan daging. Hahahahaa.. Baca-baca dan 'katanya' kan gitu, kalo mau anak perempuan banyak makan sayur, anak laki-laki banyak makan daging. Intinya sih kalo anak laki-laki harus banyak protein (hewani khususnya), anak perempuan less protein.

Sekian ceritanya.. Bukan bermaksud menggurui atau apapun, atau ada yang tidak cocok mohon maaf ya. Saya hanya sekedar sharing aja, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan apa adanya.. Thank you for reading 😉

No comments:

Post a Comment