Thursday 4 September 2014

Kanaya 18-19 months

Moment kaya' gini langka banget nih.. Jam segini Naya udah tidur, Pandanya belum pulang kerja. Me time! Akhirnya bisa blogging juga, hohoo.. Kali ini mau cerita perkembangan Naya ya :)

Time flies so fast. Setengah tahun lagi usia Naya 2 tahun. Can't imagine how does she look when she grow up. Apa iya masih lucu dengan rambut super keritingnya itu? Hahahaa.. Di 18 bulan ini Naya bisa apa ya.. Yang pasti ngomongnya udah makin banyak kosa katanya, pemahaman situasinya juga udah makin oke, dan sejak sekolah problem solvingnya juga makin baik. Kalo dulu apa apa teriak Ibun, sekarang malah kalo ditanya "Naya bisa ga? Sini Ibun bantuin.", dia pun jawab "Bisaaa.." dengan PD-nya. Walaupun pada akhirnya belum tentu berhasil dan minta bantuin juga, hehehee..

Lagi dilatih cara berfikir dan pemahamannya nih. Jadi misalnya ada situasi dia ga boleh manjat-manjat, trus saya bilang "Naya ga boleh manjat-manjat, nanti jatuh. Kalo jatuh nanti sakit, kan ga enak badannya kalo sakit". Biar dia paham, saya kasih pertanyaan "Kenapa Naya ga boleh manjat-manjat?" trus dia jawab "Nti atoh (nanti jatuh)". Saya tanya lagi, "Trus kalo jatuh kenapa?", Naya jawab "Atit (sakit)". Saya lanjutin lagi, "Kalo sakit apanya yang ga enak?" Naya jawab "Adan (badan)". Nah, kalo dia udah paham biasanya dia ulang sendiri. Naya akan bilang, "Nda oleh ajat, nti atoh, atit. Nda enak adan (Ga boleh manjat, nanti jatuh, sakit. Badannya ga enak)". Kalo Naya masih belum paham, biasanya dia akan tanya lagi ke saya. Ngajarin anak itu juga harus extra sabar ya, ga bisa sekali dua kali dikasih tau trus ngerti. Bener-bener dari nol banget (ya iyya laah!). Kalo lagi sabar ya sabar, kalo lagi capek ya ngomel juga :p

Di usia yang makin gede ini juga kelakuan dan ekspresinya makin banyak, yang pasti bikin saya senyum atau ketawa. Pernah suatu waktu tiba-tiba dia bilang "Bun, tiss.. (Bun, kiss..)". Saya pikir dia mau cium pipi saya kaya' biasa, ga taunya dia cipika cipiki selayaknya saya ketemu sodara atau temen. Lahh.. dia ngerekam dan niru rupanya. Trus saya kasih tau itu namanya cipika cipiki, jadi sekarang dia tau bedanya kiss sama cipika cipiki. Hahahaa..

Kalo saya sholat juga udah sering ikut, udah ngerti mana takbir, ruku', sujud, i'tidal. Semua gerakannya bener kecuali sujud, dia tengkurep. Tau juga kalo mau sholat harus wudhu dulu, kalo saya bilang "Sholat yuk!" dia langsung ngacir ke kamar mandi sambil bilang "Udu.. udu.. (Wudhu..). Yang bikin keki, dia itu kan dari kecil emang susah banget dipakein kerudung, dikasih contoh kalo sholat pake' mukena pun dia masih ga mau dipakein kerudung. Lah liat Pandanya sholat pake' sarung, dia ambil bawahan mukena saya trus dipake ikut sholat sambil dipegangin biar ga melorot. Duh, Naya kan perempuan, masa iya sholatnya sarungan doang. Ckckckk.. Ampun deh..

Oiya, mau sharing soal toilet trainee nih. Kemarin sempet coba mulai ga pake pampers, tapi Nayanya risih kaya'nya. Jadi tiap ga pake pampers, 10-15 menit sekali dia pipis. Jadi kaya' anyang anyangan gitu. Trus saya pakein pampers lagi, eh ga pipis pipis. Jadi saya maju mundur toilet trainee-nya. Belakangan saya kurang sehat, jadi males bolak balik ganti celana. Hehehee.. Belum dicoba lagi sih. Kemarin sempet konsultasi ke dokternya, ya gpp terusin aja. Lama-lama akan terbiasa sendiri. Iya siiih, tapi Ibunnya ko males banget ya. Hehehee.. Harus, harus. Semangat!! :D

Baiklah, see you in the next post yaw! InsyaAllah next posting cerita soal vacation. Weekend kemarin kita ke Bogor, tapi fotonya belum dipindah ke laptop jadi kapan-kapan aja deh, hehehee.. Akhir bulan ini InsyaAllah kita mau short trip ke Malang, nanti di share juga ya. Bye!

Kepoo liatin anak lain main trampolin..
Sekarang sukanya lari sana sini..
My everything :)

No comments:

Post a Comment